Selasa, 03 Oktober 2023

LEUWI JATATAN CAMPINA GROUND DI SERANG BANTEN

 LEUWI JATATAN | TEMPAT WISATA ALAM TERBARU DI SERANG BANTEN 



Telah hadir salah satu Destinasi wisata alam yang baru buka di Kabupaten Serang Banten. Namanya Leuwi Jatatan. Leuwi Jatatan ini baru beroperasi sekitar 4 bulan yang di kelola oleh salah seorang tokoh masyarakat yang ada di wilayah itu. 


Beliaulah ini adalah seorang mantan Kepala Desa yang menggagas ide untuk membuka tempat wisata alam. Berbekal alam yang masih asri, dan kali yang merupakan pembatas antara wilayah Kabupaten Serang dengan Kabupaten Pandeglang Banten. Dengan tujuan untuk mendongkrak roda perekonomian masyarakat setempat agar lebih maju. 



Leuwi adalah kata dalam bahasa Sunda, yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti lubuk atau bagian dalam di sungai. Jadi semacam sungai yang dalam, dan biasanya Leuwi ini suka di gunakan untuk memancing ikan atau berenang. Dan memang di Jatatan ini ada Leuwi nya, posisi nya ada di hilir sungai tersebut. Kira kira ada 100 meter an dari tempat Camping. Setelah saya lihat, memang Leuwi nya ini cukup dalam sehidup kamipun tidak ada yang berenang ke tengah nya. Dan sempat diingat kan sama pengelola ini. 


Lokasi, Kampung Calung, Desa Bantarwangi, Kecamatan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten.



Rute jalan menuju Leuwi Jatatan ini adalah, kalau dari Kota Serang , masuk ke jalan Raya Pemda Provinsi Banten, Lampu merah Palima, terus lurus ke arah Ciomas, di pertigaan Ciomas, belok kanan ke arah pantai Carita, namanya jalan Palka, pastikan melewati tempat wisata kolam renang air panas Batu Ceper, terus lurus melewati pasar Padarincang, kira kira 1 kilometer dari pasar Padarincang, sampai menemukan Mini market Alfa, lewat sedikit belok kiri ke arah tempat wisata Bukit Waruwangi. Dari Bukit Waruwangi kira kira 15 menit sampai ke kampung Calung, Desa Bantarwangi. Posisi nya ada di sebelah kiri. 


Untuk yang membawa mobil, tidak bisa sampai ke Leuwi Jatatan, bisa naik ojeg atau jalan kaki, karena jalannya hanya bisa untuk motor nanti kalau kalian mau kesana, bisa telepon dahulu ke pihak pengelola, pihak pengelola akan menyiapkan porter. Kalau yang membawa motor, bisa sampai ke parkiran Leuwi Jatatan. Cuman harus hati hati soalnya turunnya agak extrim.

Untuk parkir mobil, nanti ada di dekat rumah warga.



Setibanya di Leuwi Jatatan, kalian akan merasakan suasana alam masih alami, udara segar, pepohonan yang rindang, dan air kali Jatatan yang jernih banget, karena berasal dari pegunungan dan perbukitan. Disitu juga sudah disediakan air pancuran yang berasal dari bukit, yang bisa di gunakan untuk mandi, wudhu dan masak, sehingga kamipun waktu masak menggunakan air tersebut


Atau kalian berenang di kali Leuwi Jatatan, yang jernih dan saking jernih nya, baru batu di kali dan ikan ikan jelas kelihatan.


Jika kalah mengadakan acara Camping, kalian akan merasakan ketenangan di malam hari, musik alami terdengar dengan merdu, seperti suara kodok dan air yang mengalir saling beriringan. Yang membuat suasana batin kita menjadi rileks. Suasana seperti ini biasanya dirindukannya para pekerja baik pekerja kantoran maupun karyawan. 

Selain mendengar kan musik alam, kita juga bisa membuat api unggun untuk menghangatkan suasana, bakar ikan, BBQ an. dll. 


Oh iyah, Tempat wisata alam Leuwi Jatatan ini, Kids friendly yah, jadi aman kalau kalian membawa anak anak, asalkan tetap dalam pengawasan orang tua, apalagi pas berenang di Kali Leuwi Jatatan.


Nomor pengelola Leuwi Jatatan, ada di Deskripsi video ini yah.


Fasilitas Wisata Leuwi Jatatan : 

1. Area parkir yang luas

2. Wifi yang kencang

3. Toilet

4. Mushola

5. Warung buka 24 jam

6. Tenda bisa menyewa.


Kegiatan yang bisa di lakukan di Wisata Alam Leuwi Jatatan : 


Camping ground, berenang di kali, ngaliwet, bakar ikan, bakar jagung dan Selfi. 


Jika kalian mau ke Leuwi Jatatan, silahkan Reservasi dulu ke pengelola, agar pengelola menyiapkan porter untuk membantu pengunjung, membawa barang bawaan nya, karena yang bawa mobil itu, tidak bisa sampai ke tempat wisatanya. Kira kira jaraknya 300 meteran 



Untuk Reservasi dan harga wisata alam Leuwi Jatatan ini, silahkan hubungi nomor ini : 0838-7202-9048 Pak Uncara


Itulah informasi tentang tempat wisata alam LEUWI JATATAN Serang Banten.